Kerak Kerak Kaca

Hmm, sepagi ini Jogja udah panas aja… Hiks welcome summer but I hate you. Hari ini (kayaknya soalnya ga punya kalender di kamar) libur. Eh iya ga sih, soalnya tadi banyak anak2 kecil pada maen2 di luar pada tereak2. Ah, sebodo amat buat NEET kayak gini… Oh ya, semalem dapet bonusan kuota dari Tiga jadi saya manfaatin aja. FYI, saya sekarang menjadi pelanggan Tiga sejak kartu Sayatiga keblokir (Payah pokoknya, udah pake hampir 8 tahun keblokir gara2 2 bulan ga isi pulsa). Hemmmm….

Kerak kerak kaca….
Tunjukkan padaku, siapa diriku ini… 

Kayak lagunya tante Nia ya….
(itu gelas oon).

Jadi setelah akuarium 50cm saya nganggur dan ga ada isinya lagi. Muncul satu permasalahan pelik yang menyita pikiran seorang procrastinator kayak saya. Tampak nyata jelas terpampang kerak putih yang ada di akuarium. Sebabnya ya tanya sama yang miara ikan kok bisa kayak gitu. Jadi, menurut sepengetahuan saya(kalo ga tau tolong dikasih tau) kerak itu muncul akibat sisa mineral, kotoran, atau lemak di permukaan air. What?lemak? Mulai bayangin kalo di kolam renang banyak lemak2 mengambang…. Hahaha…

WP_20150121_06_34_12_Pro

Burem…. kayak yang punya….

Jadi kalo mau piara ikan, harus rajin wc total. Dulu sih waktu tank masih 40cm an saya rajin wc total soalnya ga berat2 amat. Sejak upgrade, (wezz) ke 50cm 5mm jadi ga pernah wc total cukup disedot sebagian kasih air baru. Kalo nguap dibiarin aja, jadilah muncul kerak2 putih dengan intensitas luar biasa di mana2.  Haha pemales ini jangan ditiru. Tapi tetep aja sering wc total muncul aja tuh kerak2 putih di atas akuarium. Resiko kalik ya…

Jadi untuk meningkatkan nilai jual akuariumnya, saya putuskan membersihkan akuarium yang saya beli beberapa bulan yang lalu. Caranya? Nah ini yang ditunggu2 pemirsah sekalian. Bagaimana menghilangkan kerak akuarium? Pertama siapkan niat, itu penting. Lalu, siapkan kuota untuk online. Search aja gimana cara ngilangin kerak, kalo udah praktekin satu2. Selesai. Haha life is so simple as NEET ya?

Banyak di forum2 yang ngejelasin cara2nya. Saya bacain satu2 sampe abis dari Kaskus ampe Ofish ampe mana2. Langkah pertama yang simpel adalah pake odol. Digosok2 ke permukaan kerak, diemin lalu gosok. Oke mulai praktekin, user2 odol ke kaca….diemin (bahkan sampe semaleman) paginya gosok2 pake grenjeng (apayah Bahasa Indonesianya, yang buat cuci piring tapi dari logam itu lho). Terus bilas. Voilaaaa, gampang banget rupanya dan hasilnya: GAGAL.

Keraknya ga rontok sama sekali, padahal udah pake dua merk odol. Satu odol mini dari hotel terus ulangi lagi pake Pepso. Hadeh…. odolnya terbuang percuma. Oke, coba langkah selanjutnya. Pake cuka sama sitrun. Apaan sitrun? Sitrun itu bahasa gaul dari Citrit Acid. Kalo kalian suka makan manisan, nah itu campuran buat bikin manisan. Kalo kebanyakan makan itu bisa bikin awet gobloknya, soalnya sodaraan ama micin. Sebenarnya pilih satu aja bisa, sama2 mengandung asam. Nyari sitrun di mana? Di warung kelontong, pasar, toserba ada. Cari yang murih aja, seribuan satu sachet, kalo beli di toserba adanya yang botolan kecil mihil (mihil di botolnya aja). Oh ya, berhubung gosok pake sikat ama grenjeng gagal sekarang saya ada peningkatan pake cutter. Huiii, serem. Jadi akuarium direndem air full terus masukin aja tuh sitrun semua (campur cuka gapapa kalo tahan baunya). Tunggu semalaman paginya dikrik2 pake cutter. Rontok sih, tapi capek kalo pake cutter.

WP_20150120_14_49_00_Pro

Citrit Acid, di toko Gondomanan ga bisa ecer. Hiks….

Nyerah akhirnya saya beli amplas. Amplasnya yang ukuran 400 ke atas ya, kalo amplasnya kasar yang ada malah baret. Selembar cuma 3rb kok bisa dipotong2. Oke, akhirnya saya menggosok akuarium berisi air sitrun dan wuuuiiih keraknya langsung berterbangan di air, cuma harus bener2 diulang2 kalo mau bener2 bersih kinclonk. Ada cara lain pake obat khusus yang dijual di toko. Cari di Tirtamas Gejayan ga ada. Kata mase pake Prost** aja, hmm… ada yang jual di toko2 khusus biasanya literan, warna merah-biru. Katanya ada di Toko Sari deket Jogjatronik seliter 25rb. Tapi belum jadi beli sih, udah rontok duluan si kerak. Tokonya juga ga nemu, serius nyari toko Sinar Baru aja kagak ketemu, haha… Kalo pembersih jamur lain ga tau, sempet liat di rak di hyp*rmart ada harganya 11rban, warna merah. Tapi sanksi deh, kalo untuk jamur ringan atau jamur kaca mobil mungkin…. Lebih ekstrim beli di ACE HW, ekstrim soalnya harganya bisa buat beli tank lokal baru  (tidak berlaku untuk tank yang harganya ajibener)

Haha… Mau yang paling ekstrim pake HCL. Serius, HCL a.k.a asam klorida yang buat bersih2 kamar mandi. Ya macem Vi**l, Prost**, dkk gitu. Kalo yang pembersih toilet gitu2 kadarnya paling banter 20%. Tapi ini langkah terakhir lho. Soalnya HCL itu keraaas banget obatnya, kena kulit aja uapnya bikin gatel2… Obat keras tapi diperjualbelikan bebas, ckck… Murah kok seliter cuma ceban, beli aja di toko kimia. Bener deh nggak ngrekomendasiin, kalian ga akan tahan bersih2 pake bahan ini. Wajib pake sarung tangan plastik ama kacamata dan masker. Ampun nyerah deh…orang bersihin kamar mandi pake yang 20% udah batuk2 apalagi ini yang murni…

WP_20150120_17_21_36_Pro

Udah lumayan kan, masih dalam tahap pembersihan ini…

Hmm, masalah kerak udah dapet solusi dan masih ada masalah lain. SISA LEM KACA. Hadeh… secara tanknya dulu polos dan background cuma tempel sendiri jadi lemnya mbleber kemana2…. hmm, katanya sih pake minyak kajuputih. Belum dicoba sih, nanti kalo berhasil bakal update lagi deh….

UPDATE 1: SUSAH BEROW NGEBERSIIN LEMNYA, HARUS PAKE CUTTER DAN DIKASIH CUKA. TAK KASIH HCL AJA KAGAK RONTOK.

Oh ya akuariumnya tak jual 50rb aja. Kalo minat sms ya ke 08969 dst (maaf saya ga pake sosmed, haha). Pas ya, lumayan buat tambah2 bayar kos yang sekarang naik…. Hiks…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s